SMA Yadika 12 Depok

Jl. Limo Raya No 20 Meruyung

Unggul dalam Prestasi, Terampil dan Mandiri berdasarkan Iman dan Taqwa

Hari Batik Nasional 2 Oktober 2018

Selasa, 02 Oktober 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 1395 Kali

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malem pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) terhitung sejak tanggal 2 Oktober 2009.

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal tersebut, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang menaungi bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Di peringatan Hari Batik Nasional tahun ini SMA Yadika 12 mengajak siswa-siswi serta jajaran gurunya untuk mengenakan batik di hari efektif belajar. Semoga kita semakin menyadari batik sebagai salah satu warisan budaya khas kita. Jaya terus Indonesiaku!

 

Berita
  1. TULISAN TERKAIT
...

Ferizal Utama, S.Pd., M.Si

Bismillahirrohmanirrahim Assalamu‘alaikum Wr. Wb. Salam Sejahtera. Segala puji syukur hanya untuk Allah SWT dan shalawat serta salam semoga tercurah atas…

Selengkapnya

PENGUNJUNG