SMA Yadika 12 Depok

Jl. Limo Raya No 20 Meruyung

Unggul dalam Prestasi, Terampil dan Mandiri berdasarkan Iman dan Taqwa

Adry Resmi Jadi Paskibraka Kota Depok

Sabtu, 18 Agustus 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 1226 Kali

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat kabupaten/kota (kantor bupati/walikota), provinsi (kantor gubernur), dan nasional (Istana Merdeka). Anggotanya berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus.

Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus, seorang anggota calon paskibraka dinamakan "capaska" atau calon paskibraka. Pada waktu penugasan 17 Agustus, anggota dinamakan "paskibraka", dan setelah 17 Agustus, dinamakan "purnapaskibraka".

Tingkatan Paskibraka ada tiga yaitu:

  • Paskibraka Nasional - bertugas di Istana Merdeka
  • Paskibraka Propinsi - bertugas di Pusat pemerintahan gubernur propinsi
  • Paskibraka Kota - bertugas di Pusat pemerintahan wali kota/kabupaten

Sebelum tahun 2018 ini, tugas paskibraka kota sudah dua kali diemban perwakilan siswa SMA Yadika 12 sebanyak dua kali dalam usia sekolah sendiri yang baru menginjak tahun ke sembilan. Yakni melalui ananda Adham Fakhri Hakim (purnapaskibraka Kota Depok 2013) dan ananda Muhammad Rizky Hidayatullah (purnapaskibraka Kota Depok 2017). Tahun 2018 ini, kembali wakil SMA Yadika 12 terpilih dalam seleksi yang diikuti ratusan perwakilan siswa se-Kota Depok. Kali ini  ananda Muhammad Adry Nugroho SS yang menjadi duta SMA Yadika 12 sebagai paskibraka Kota Depok.

Sebagai catatan tambahan, ananda Muhammad Adry sempat dipilih sebagai perwakilan Kota Depok untuk seleksi tingkat provinsi di Kota Bandung. Semoga pengalaman ini berguna bagi duta-duta SMA Yadika 12, dan melecut siswa lainnya untuk turut mencoba meraih prestasi serupa.

Berita

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Ferizal Utama, S.Pd., M.Si

Bismillahirrohmanirrahim Assalamu‘alaikum Wr. Wb. Salam Sejahtera. Segala puji syukur hanya untuk Allah SWT dan shalawat serta salam semoga tercurah atas…

Selengkapnya

PENGUNJUNG